Minggu, 10 September 2017

BIOGRAFI SINGKAT DOUWES DEKKER

KI HAJAR DEWANTARA DKK


ERNEST FRANCOIS EUGENE DOUWES DEKKER, 1879 - 1952


    Douwes Dekker sebagai pahlawan nasional dikenang pula dengan nama Dr. DANU DIRJO SETYA BUDHI dilahirkan di Pasuruan, Jawa Timur, dan meninggal di Bandung pada tanggal 28 Agustus 1952. Adalah seorang cucu dari adik Eduard Douwes Dekker, pengarang termasyhur dengan nama Multatuli yang antara lain menulis buku Max Havelaar.
    Tahun 1912 Douwes Dekker mendirikan "Indische Partij" di kota Bandung dan memimpinnya bersama - sama denga Dr. Cipto Mangunkusumo dan Suwardi Suryaningrat. Sebelum "Indische Partij" didirikan ia sudah ikut serta dalam persiapan - persiapan menghadapi pembentukan perhimpunan "Budi Utomo" yang didirikan oleh Dr. Sutomo dan kawan - kawannya pada tahun 1908.
    Douwes Dekker pernah menjabat sebagai Menteri Negara dalam kabinet Syahrir, dan dalam kedudukan sebagai pegawai tinggi Departemen Penerangan dan anggota DPA, ia meninggalkan Nusa dan Bangsa Indonesia yang sangat dicintainya itu untuk selama - lamanya.
    Jasa - jasanya sebagai perintis pergerakan nasional bangsa Indonesia dan semangat Douwes Dekker-nya akan dikenang sepanjang masa.


0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda